Jumat, 10 Juni 2016

WANITA




Wanita Bag 1
wanita adalah sosok indah yg dianugrahkan Tuhan Allah yg Maha Mulia. ia indah dalam setiap hal yang melekat pdnya. pandangannya walau kesana kesini itu sudah cukup indah dibandingkan mata tongkol yang tidak bs berkijab.
suaranya mendayu lembut menggetarkan hati, menggelontorkan iman, itu cukup indah dibandingkan suara panakcak, karo, bodat, sarudung atau imbaow.
lakunya menggelinjeng, tak terarah terkendali, tanpa aturan itu juga cukup indah dibanding perangai bajing. rok mini, you can see, rambut terurai itu indah dibanding segala jenis hewan yang tak berbusana.
wanita menurutku semuanya indah, dimana, apa dan bagaimana pun wujudnya, coz wanita adalah anugrah mulia yang diturunkan Allah yang Maha Mulia.
Amman room, Air Dingin Padang
03 Juni 2016
08. 06 Wib

Wanita Bag 2
wanita adalah ciptaan sempurna yang dirancang Tuhan Allah Yang Maha Adil. segalanya menawan dan mempesona. membuat bahagia dan membuat ceria. menawanlah ia dalam gerik patahnya, moodnya yang cepat berubah, maunya yg sulit ditebak, sensinya yg tak tertafsir, perajuknya perbendaharaan katanya semua menakjubkan.
walau kadang kosa kata itu pedas, pedas, sambal lado masih terasa nikmat terasa panaz. atau kosa kata itu busuk, tajam, menyeyat, mematahkan, tetap ku katakan wanita itu menawan.
kerudung, baju ketat, atau celana jeans bahkan wangi parfumnya tetap membuatnya mempesona dan cukup indah dibanding wanita bag 1.
bah, wanita kaulah anugrah Mahal yang tak bisa dibeli murah yg tak bisa ditawar. uang, emas, permata, jamrud, atau itu marjan tak kaan bisa ditukar dgn anugrah dirimu.
wanita kaulah anugrah itu.
Amman room, Air Dingin Padang
03 Juni 2016
08. 12 Wib


WANITA bag 3
wanitakah titipan suci dari Tuhan Allah yang Maha Thahir. laku elokmu, tatap jagamu dan mantiko ayumu pelengkap indah kesucianmu.
wanita kaulah penguat tonggak batang negri ini. sekolah pertama anak bangsa, peracik nikmat sambal, penggulai lauk, perendang daging. kaulah perhiasan terbaik di semua jenis hasrat dan kemauan.
ayommu menumbukan, menyebarkan kesegaran kefitrahan dan kefaedahan. tuturmu adalah hikmah, hatimu adalah rumah, tempat berlindung dari bising kontraktor atau koruptor.
kau bukanlah penjerat dunia, patahkan angan, lumpuhkan ruhiyah. tampilmu bukan tontonan melainkan tuntunan penunjuk jalan, jalan menuju perhentian keselamatan. kampung halaman. kampung impian.
insah pasti ingin pulang disisi hati kecilmu diantara kebesaran rahimmu.
bah, adakah kau bidadari itu. yg ternukil dalam kitab yagn dikisahkan dalam legenda. wanita kaulah pesona terdidik yang terjaga dan tersimpan. terjaga mawar kehidupan di atas duri kebaikan. emas yg tersimpan dalam bumi, mutiara yg terlindungi oleh cangkang jamrud yg terpendam dalam lautan.
kerinduan yg melanda atau kehampaan dalam hidup wujud jelmaan wanita dalam keheningan. kau tak bisa dibarter, di beli dijual atau ditawar
kau akan dibawa oleh keimanan, ketaqwaan dan penjaan.
Dubai room, PIAR, Air Dingin, Padang.
03 Juni 2016
10.33 Wib



WANITA BAG 4
Dalam perjalanan ke sekolah dari koto lua ke air dingin Koto Tangah, aku kembali terpikir oleh sosok hebat bernama wanita. Dalam perjalanan yang menempuh 45 menit itu, kembali aku memikirkan ketangguhan makhluk istimewa yang satu ini.
Subhanallah, sungguh ajaib mereka, alangkah hebatnya bisa memenajemen waktu dan mengerjakan berbagai tugas dengan cekatan. Aku teringat akan dosenku (wanita) seorang ibu rumah tangga, istri, dan juga ibu dari anak-anaknya, tangguh dalam tugas tersebut. Siapkan materi kuliah, hidangkan sarapan, mengasuh dan mendidik anak, wah itu kek mana caranya.
Jam berapakah mereka bangun, jam berapakan mereka tidur? Kalau aku bandingkan dengan diriku yang guru dan biasa dengan aktivitas marbot kadang untukurusan cuci setrika saja sudah kelabakan. Apalagi seperti menjahit celana yang kuyak, atau sekedar menyambung ujung jahitan celana yang tanggal, al hasil aku hanya mengklipnya saja hingga ia merekat kembali ini ilamu yang diturunkan ajo inal. Dilain hal, wanita juga sosok tegar dan kuat untuk menganggung berbagai beban hidup yang amat dahsyat. Salah satunya menyandang status janda (maaf). Bagaimana tidak, status itu ibarat perahu yang kehilangan dayung sebalik. Dahsyatnya seorang ibu janda kuat mendayung laju perahu rumah tangga walau seorang diri (single parent). Ah itu amazing sekali.
Seorang duda barangkali ada yang hanya sanggup menduda 1 sampai 3 bulan, sebagai contoh ada 3 guru besar di perguruan islam yang saya temui. Seorang ibu janda mulai dari saya kenal dia, ingat sampai sekarang masih janda. Pernah dengat amat hati-hati saya bertanya “ bu fulanah, suami ibu sudah meninggal cukup lama sedangkan ibu masih usia produktif dan anak ibu ada yang masih usia sekolah tidakkah ada niat untuk membina rumah tangga baru?
Ia menjawab “ dik, cinta ibu sudah berhenti pada satu orang, cinta itu hanya untuk almarhum suamiku, biarlah jasadnya masuk dalam liang kubur tapi cinta kami masih hidup dalam hati ibu, dan ibu tidak mau menceraikannya walau ibu sudah dicerai matinya.”
Luar biasa, hebat betul Mahkluk ciptaan Tuhan Allah Ini.
Beirut room, 04 juni 2016
09.13 wib


Wanita bag 5
Ada diantara beberapa wanita itu menjadi primadona bagi seorang laki-laki. Sebobrok-bobroknya laki-laki pasti ia mendambakan wanita idaman mendukung kegiatan suami, menguatkan dikala ragu dan menentramkan dikala gelisah dan marah.
Mengharukan bagaimana sosok khadijah istri nabi Muhammad SAW, menyatakan beriman pada risalahnya, seide sekata dalam memperjuangkan iman dan islam. Apalagi ketika kegelisahan seorang suami menimpa dan kebingungan melanda, sosok wanita idaman dapat menenangkan dan menentramkan, hatinya bisa menjadi tempat berlindung dari keterasingan suami. Adakalanya suami dikucilkan lingkungan kerja, ditolak ide dalam masyarakat bahkan dijauhi karena kebenaran yang diutarakan bertentangan dengan adat istiadat. Dikala seperti itu wanita idamanlah datang menguatkan.
Kita ingat ditarikh didalam hadis-hadis yang shahih, pengalaman pertama menerima wahyu itu benar-benar menggoncangkan perasaan beliau, setelah beliau meminta diselimuti, beliau berkata kepada khadijah, “inniqad khasyitu alla aqli” “saya rasanya seperti akan gila”, apa sambutan istri beliau tercinta, Khadijah berkata (dlm arti bebas) “ tidak engkau tidak gila, Allah sekali-kali tidak mengecewakan Engkau selama-lamanya sebab engkau adalah orang yang selalu menghubungkan silaturrahim, kasih dan sayang kepada siapa saja. Engkau adalah orang yang sudi memikul tanggung jawab berat untuk keluargamu. Engkau adalah orang yang menghormati tetanggamu, dan Engkau adalah orang yang berusaha mencarikan apa yang tidak ada dan Engkau adalah orang yang selalu menolong orang lain dalam menghadapi segala kesukaran hidup” (Buya Hamka, Berbicara tentang Perempuan, 2014 h. 11).
Wanita idaman itu menenangkan dalam keadaan sulit maupun dalam keadaan marah, terkisah dalam tarikh “ ketika perjanjian hudaibiyah, isinya seolah menyudutkan kaum muslimin, akibat perjanjian tersebut, naik haji diundurkan sampai tahun depan. Mereka harus kembali ke madinah, dan untuk itu pakaian ihram ditanggalkan dan dam harus dipotong. Ketika Rasulullah SAW memerintahkan itu, umatnya kala itu kelihatan enggan dan Rasulullah nyaris menjadi marah. Muka beliau kelihatan marah karena perintahnya tidak dipatuhi. Di saat seperti itulah Ummu Salamah menarik tangan Rasulullah ke dalam khaimah dengan wajah tenang untuk meredam kemarahan beliau.
Dengan menyejukkan Ummu Salamah bertutur : Janganlah Engkau Marah ya Rasulullah, Engkau mulai saja sendiri. Segera sekarang juga engkau keluar, engkau gunting rambutmu, sembelilah binatang dammu kemudian tanggalkan pakaian ihrammu dengan tidak usah berbicara lagi (Buya Hamka, Berbicara tentang Perempuan, 2014 h. 114)” alhasil yang lain mengikuti perbuatan beliau sehingga semuanya berjalan dengan tenang dan lancar tanpa ada yang membantah.
Sungguh, keberhasilah seorang suami dipengaruhi oleh faktor dukungan dan peranan seorang istri.
depan peti kayu, masjid darul falah kota padang
19.32 wib coret sebelum tarawih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar